Skip to main content

Ngampus Nyokk!! - Part 1

-->
Hai hai hai... aku udah disemester 5 lho sekarang.hehe... excited banget sama dosen yang ngajar sekarang, kayanya sih bakalan seru.hmm... baru permulaan sih.  Jadi inget kata Mas Alitt “semangat membara didepan dan surut dipertengahan”
Lagi baca skripshitnya @shitlicious nih, alitt susanto nama aslinya. Buku itu udah ada sejak lama tapi karena aku tanya temen ceritanya maksa yaudah deh aku anggurin bukunya sampai tadi pagi karena gue iseng ga ada bacaan lain dan ga bisa ngetik karena pinkypire masih ngejogrok dilemari ga bisa dipake. Pas baca chapter satunya gue langsung mikir anjiiiiiiiiirrr ini mah gue banget.hahaha....
Disini gue ga akan bahas isi skripshitnya @shitlicious kalo lu lu pada penasaran baca sendiri aja. 
Si Alitt tu dulu anak STM jurusan elektro trus  masuk kuliah ambil jurusan pendidikan. Sumpah aseli ga nyambung banget kaya gue, yang dulu smk jurusan akuntansi sekarang ngambil jurusan pendidikan bahasa inggris juga. Kelimpungan banget awal-awalnya. Mungkin agak nyambung dikit lagi kalo gue ngambil jurusan pendidikan matematika ya, kan sama-sama berhubungan dengan angka dan hitung-menghitung. Tapi gue dulu terlalu songong buat ngambil matematika soalnya gue pikir matematika udah ga menantang sama sekali buat ditaklukan dan tereng tereng jreng jreng gue ngambil jurusan blok m – pasar minggu, eh salah ding maksud gue pendidikan bahasa inggris.
Alasan gue ngambil pendidikan bahasa inggris :
1.       Gue pengen fasih bahasa Inggris, karena gue jawish banget alias jawa engish yang medhok banget inggrisnya.  Setelah gue pikir-pikir lagi kalo gue pengen fasih kenapa gak ngambil kursus aja ya? Nah itulah lemotnya gue, pinternya selalu datang belakangan. Dan kampus gue emang ga terlalu bermutu. Gue ngrasa kampus ini cuma buat orang yang nyari gelar doank, gue nangis darah sekarang. Gue kan pengen belajar, dari nol lagi tapi kampusnya kaya gini, dosen pronounciation gue dismt 2 ngomongnya aja jawish banget lebih jawish dari gue dan telisik punya telisik si Bapak itu dulu S1nya pendidikan agama Islam. Huaaaaa :’( seharusnya kan gue diajar bule ya tapi yaps sekali lagi gue harus bilang “ada uang ada barang” gue ga bisa ngarepin fasilitas yang muluk-muluk dari kampus gue sekarang yang murmer seperti kacang rebus pinggir jalan. Gedung kampus aja masih suka dirolling dan kadang ngerasa seperti anak smp yang udah ga lulus puluhan tahun, merasakan kembali bangku kayu dan mejanya yang kesempitan. (yang ini bukan karena badan gue yang beratnya melebihi berat normal ya, tapi karena ukuran bangku dan meja smp disesuaikan ukuran anak smp yang tentunya masih unyu-unyu dan imut gitu) #ngenes.
2.       Gue ga pengen jadi guru.
Pertama gue daftar ke kampus gue sekarang karena cuma ngikut-ngikut doank, perhatiin ya CUMA NGIKUT-NGIKUT DOANK, emang dari awal gue udah ga terlalu niat buat masuk sini. Gue baru denger nama kampus ini aja waktu sohib gue bilang sudah daftar dikampus ini dan tanpa pikir panjang gue ikut daftar juga. Please dont judge me labil  dan ga punya prinsip ya, walau kenyataannya seperti itu.  -____-“ . waktu gue masuk sini gue daftar ke STAN itu tu, STAN yang alumnusnya mafia pajak itu, gue ngerasa pede banget waktu ngerjain ujiannya tapi mungkin karena nyokap ga ridho gue daftar STAN kali ya, jadi itu merupakan salah satu faktor penyebab gue ga masuk STAN (bukan maksud jadiin nyokap kambing hitam ga masuknya gue ke STAN, Tpi itu cara gue menghibur diri ini yang nelangsa).abis ikut ujian STAN, minggu depannya gue ujian masuk kampus gue sekarang, dan gue udah pusing duluan liat soalnya,beneran pusing jadi waktu ngerjain soal yang diberi waktu 90 menit itu 45 menit gue tidur, dan 45 menit gue ngerjain soal, ngerjaiinya juga Cuma pake feeling dan nutup mata karena mau ngitung kancing gue Cuma pake kaos aja waktu itu. Dan ternyata saya lolos sodara-sodara. And here I’m masuk semester 5 dengan ilmu yang gue peroleh baru 10% minus. *sigh* tapi niat awal yang ga mau jadi guru sekarang berubah seratus delapan puluh derajat. gue pengen banget jadi guru!!!
3.       Karena gue ga tau kampus mana lagi yang paling masuk akal biayanya untuk gue masukin.
Lagi-lagi terganjal biaya. Boleh ya gue flashback dimasa dimana gue baru lulus SMK. Gue lulus SMK dengan nilai yang lebih dari lumayan sodara-sodaraku setanah air. Bahkan Polines (Politeknik Negeri Semarang) udah nawarin gue keringanan untuk biaya masuknya dan program beasiswa kalo nilai gue bagus disemester awal bagus. Tapi seringan-ringannya biaya masuknya ga akan kuat ditanggung nyokap gue waktu itu. Gue udah daftar kesana, dengan alasan sama nyokap diajak guru gue kesana padahal niatnya mau naik bis kesana, nekad walaupun gue ga tau tempatnya sama sekali. Tapi gue beruntung waktu itu, ada temen yang mau nemenin gue kesana (gue terharu waktu itu, sumpah kalo ga tau malu pasti gue udah nangis n cium tangannya buat bilang makasih) Alhasil kami berdua naik motor sampai Semarang. FYI temen gue itu cewek, buat menghindari fitnah aja gue kasih tau gendernya ke kalian semua. Sekarang dia kuliah di UNNES ambil jurusan pendidikan ekonomi, semoga dia bisa lulus dengan nilai yang bagus.amin ya Allah (bantu Amin ya teman-teman) :)
Abis itu disekolah ada info lowongan kerja di Jakarta. Gue coba kirim CV dan surat lamaran dan karena ijazah belum keluar gue lampirin fotocopy rapot kelas satu sampe tiga. Dari kelas gue Cuma gue yang ditunjuk nglamar sama guru, padahal masih ada yang lebih pintar lagi dikelas gue dulu lho, gue mah dapet nilai bagus itu gue anggep Cuman keberuntungan doank dan waktu nama gue dipanggil untuk mewakili sekolah ikut lomba akuntasi seprovinsi itu juga Cuma kebetulan doank gue rasa karena banyak anak yang lebih rajin dan pintar dikelas gue. Jelaslah gue beruntung, aseli gue ga suka menonjol didepan guru, gue ga suka dihafalin guru, dikelas aja gue ngambil bangku nomor 4 dari belakang, disudut lagi (ada alasan lain kenapa itu jadi posisi pewe gue, karena FYI gue bongsor dan harus tau diri untuk tidak duduk didepan, Lagi-lagi ngenes) dan juga posisi disudut itu gue bisa tidur lelap, sangat lelap sampe ngencess,ckck.harap maklum ya, hobby itu sudah menempel sejak gue orok, nyokap aja sering ngelus dada karen bisa-bisanya tidur glesotan ditanah padahal ceritanya lagi ngambek gitu tapi ketiduran.
Pas nama gue dipanggil guru ketua jurusan gue, gue kira gue mau dihukum karena sering tidur dikelas beliau, aseli gue gemeteran maju kedepan kelas.
“Siti Nurul Hidayahnya mana?” tanya Ibu Sita waktu gue udah maju jelas-jelas menunggu vonis dari beliau. Gue cengo, nengok kanan-kiri, kebelakang memastikan Cuma gue yang bernama Siti Nurul Hidayah dikelas, setau gue Cuma gue tapi malah jadi ga pede.
“yang maju itu Siti Nurul Hidayah bu” seru teman gue sekelas kompak.
Ibu Sita lalu memandang gue seolah gue alien yang turun dari surga.
“Oh kamu Nurul?” Bu Sita mencoba memastikan sekali lagi.
“iya bu” jawab gue polos padahal masih ada kelanjutannya yang gue simpan dalam hati. “seingat saya diakta kelahiran saya nama saya Siti Nurul Hidayah, atau ibu perlu lihat kartu pelajar saya?”
“sepulang sekolah, ke ruang guru ya nemuin saya”
“Baik bu”
Ibu Sita keluar kelas dengan ekspresi linglung dan gue bingung, memikirkan dosa apa yang sudah gue lakuin sampe harus dipanggil ke ruang guru.
List keburukan gue selama di SMK :
1.       Sering datang terlambat sehingga menyebabkan akumulasi point gue sudah diatas rata-rata teman sekelas. Apalagi kalo telat hari senin, point kenakalannya bisa dobel-dobel karena telat dan Ga ikut upacara bendera.
2.       Sering tidur dikelas. Tapi belum pernah sampai dilempar hapusan sama guru kok, karena temen sebangku gue gesit bangunin gue kalo guru udah mulai melotot kearah gue.
3.       Sering ngerjain temen yang ulang tahun pake tepung dan guyurin air dikelas. Tapi kan itu kejahatan rame-rame walaupun dalangnya gue T.T
4.       Ribut sama adek kelas yang sok kecakepan. Itu karna gue dimintain bantuan temen gue. Tapi sumpah eneg banget liat junior kecakepan kaya gitu, apalagi kesekolah udah kaya toko aksesoris berjalan. Tapi kan ributnya diluar sekolah.
5.       Selalu bolos ekstrakulikuler pramuka. Tapi kan itu kewajiban waktu kelas 1 masa mau diungkit-ungkit lagi kan gue udah kelas 3. Gue paling ga suka ekstrakulikuler pramuka karena pulangnya sore jadi gue terancam ga dapet bis dan kedua senior-senior sok berwibawa dan mukanya bikin gue mules yang selalu ngajarin baris berbaris. Walaupun ada kakak cakep disitu tapi pliss dia ga terlalu manjur buat ngobatin mulesnya gue ngliat senior-senior cwek gue dan senior cowok yang kecewek-cewekan. -____-“
6.       Mungkin ga akan ada habisnya gue jelasin kenakalan-kenalan kecil gue tapi yang jelas gue ga pernah bolos dan pengunjung tetap perpustakaan (buat baca teenlit)

Akhirnya bel pulang sekolah berbunyi dan gue menghadap ke Bu Sita, disitu sudah ada Putri, Mita da Fitri gue semakin bingung kenapa anak-anak pintar dan patuh itu ikut dipanggil. Gue ga pernah nakalin mereka sumpah demi sepiring siomay Bang Somay.
“Saya kumpulkan kalian kesini karena kalian adalah kandidat terpilih untuk mengikuti lomba akuntansi se-Jawa Tengah,  dalam lomba kali ini selain harus mengerjakan siklus akuntansi secara manual kalian juga akan diuji kemampuannya dalam mengerjakan laporan keuangan dalam MYOB, lomba diadakan bulan depan, jadi kalian Cuma punya waktu satu bulan untuk mengikuti pelatihan dan mempersiapkan diri”
Jreng jrengjreng....
Gue melongo, nengok ke yang lain dan melihat wajah penuh tekat terukir sempurna diwajah mereka. Sedangkan gue cengo-secengonya, bingung, linglung karena pelatihan pasti diadakan sore sepulang sekolah artinya gue pulang sore dan terancam ga dapet bis + ga ada temen pulang lagi T.T kabar baik berdampak buruk padaku. Dasar mental anak pedalaman yang nekad sekolah ditengah-tengah kota.
Gue beritakan kabar baik itu dirumah, keluarga gue excited banget dan waktu gue ngeluh soal cara pulangnya mereka menunjuk abangku terjelek untuk menjemputku sepulang pelatihan. Dengan terpaksa dia mengiyakan asal aku mau isi bensinnya T.T aseli udah bahagia banget bisa dapet bonus free transport pulang tapi malah harus isi bensin sekali jemput 5rb, padahal kan aku ngebis aja Cuma 2rb tekor bndar setekor-tekornya.  Garuk-garuk tanah sambil nangis meraung-raung.
Tapi gue berhasil merayu abangku itu dengan iming-iming bakalan ngenalin dia ketemen-temenku dikelas jadi biar dia bisa dapet pacar gitu, dan keajaiban itupun datang, dia mau jemput gue dengan cukup seliter bensin untuk 2x jemput *sigh.
Emang aslinya matre tetep aja matre -_____-“
Yah walaupun dari keempat dari kami ga menang semua karena ada plus minusnya.
Aku dapet nilai bagus disiklus akuntansi manual tapi jeblok di MYOB. Yaiyalah gue jeblok di MYOB waktu pelatihan aja gurunya Cuma cerita soal keluarga super harmonisnya dan mantan-mantan pacarnya. Dari lubuk hati terdalam ya, gue selalu menyukai pelajaran dari pengajarnya, walaupun pelajaran itu dibenci seluruh anak sekelas tapi kalo gurunya sreg dihati gue, nilai gue bakalan cemerlang tapi kalo gurunya udah ga sreg bisa dipastikan nilai gue ga akan secermelang nilai-nilai yang lain.
Berawal dari lomba itu aku jadi laris-manis ikut lomba mata pelajaran ini itu dan sukses mengantongi uang saku yang lumayan.hahaha....
Karena gue jomblo gue sering berharap bisa bertemu pangeran tampan saat lomba tapi harapan tinggal harapan karena sifat pemalu gue. Susah jadi orang pemalu teman-teman, ga pede kalo kemana-mana. Waktu lomba bahasa semua orang wakil kabupaten seprovinsi Jawa Tengah dikumpulin jadi satu dan karena materi yang dilombakan bertahap jadinya kita nginep disana 3 hari 2 malam dan gue harus nemenin salah satu wakil lain dari kabupaten gue, kalo cowok cakep sih dengan senang hati, ini cewek yang type-type bakalan teriak histeris kalo kuku tangannya patah. Sumpah aseli ga tahan ngadepin makhluk langka ini tapi daripada gue sendirian karena temen sekolah gue sibuk dengan gebetan barunya. Iya dia dapet gebetan, agak keren sih tapi not mu type lah, karena waktu gue ngumpul pas makan malam he just talking about himself. Gue berusaha berkonsentrasi dengan makanan dipiring gue daripada harus mendengar ocehan ga penting dari cowok yang agak kece itu. Tapi makanan dipiring gue Cuma jadi korban anarkis sendok garpu gue karena gue hilang napsu karena telinga gue tetep aja denger ceritanya dia. Dan temen gue menatap tu cowok kaya natap dewa yunani yang konon cakepnya setengah mati. Kalo dikartun-kartun pasti mata temen gue udah lope-lope gitu deh bentuknya.
Udah ga bahas kelanjutannya gimana pokoknya gue ga masuk 6 besar aja waktu itu.
Tadi gue nyeritain soal lamaran pekerjaan ya malah jadi ngelantur kemana-mana.hehe
Gue diterima kerja akhirnya di Jakarta, wuidiiih rasanya itu kaya naik pesawat luar angkasa mendarat dibulan bersama uncle Neil Amstrong. Seneeeeeeng banget akhirnya bisa ke Ibu Kota yang terkenal itu. 

to be continued...

Comments

Popular posts from this blog

How to Create Crossword Puzzle by Using EclipseCrossword

I got a task last weeks from my lecturer to create a crossword using Microsoft word. There’re two ways to make a crossword puzzle using Microsoft word : - Create crossword puzzle using available crossword puzzle template - Create manually using table Both of that way is quite hassle. But, we can try another way that is easier by using EclipseCrossword software. That file size is only 513 KB. You can download the latest software from this official website. Click here for download. If the program has been installed in your computer, let’s go through the steps involved in creating a puzzle of our own.

Berbagi Pengalaman : Patah Tulang Lengan Atas Part 2

Bagi yang belum baca part 1, bisa klik link ini http://nuergic.blogspot.co.id/2016/06/berbagi-pengalaman-patah-tulang-lengan.html                                                       Perpindahanku ke rumah sakit yang penuh drama saat itu karena aku seorang yang ngotot untuk pindah ke RS. Teman-teman dekat & teman kerja semua menyarankan untuk menunggu hari selasa saat perban tanganku diganti. Tapi waktu itu aku udah ketakutan setengah mati, vonis satu bulan hanya tiduran saja membuatku takut setengah mati. 

Surga di Indonesia Timur, Labuan Bajo - Part 1

Sebenarnya liburan ke Labuan Bajo udah tahun lalu banget. Mau nulis ada aja halangannya, (sok) sibuk banget. Jadi, berhubung tahun ini liburan tidak termasuk skala prioritas. Boleh lah yaa, gue mengenang hari-hari paling menyenangkan dalam hidup gue bersama kawan-kawan tercinta. Awal mulanya, karena kita bahagia dan agak sedih karena Aini mau menikah. Sebuah ide muncul untuk liburan paling berkesan, yang gak akan terlupakan. Karena waktu itu kita mikir kalo Aini nikah nanti kita pasti gak bisa liburan bareng, seru-seruan bareng karena repot sama keluarga aka suami dan anak. Jadilah, Aini gak mikirin budget buat honeymoon sama suaminya, tapi liburan bareng aku dan Isna. HAHAHA! Aini nikah akhir desember, awal januari kami mulai booking tiket dan cari open trip labuan bajo untuk bulan Mei. Mana mampu nyewa satu kapal untuk bertiga, karena kami adalah #sobatmisqueen. Long story short, berangkatlah kami tanggal 9 mei dari Jakarta ke Bali, nginep semalam di Bali nyambung pesawat ke la